Mau Liburan ke Aceh, Naik Apa yang Mudah?

SEBAGAI WILAYAH PALING barat Indonesia, Aceh sangat mudah untuk dijangkau wisatawan. Beragam opsi transportasi seperti pesawat, kapal laut, sampai bus lintas provinsi punya rute ke sana.

Tak sulit untuk menjangkau Aceh, termasuk Banda Aceh sebagai ibukotanya. Tak heran banyak wisatawan yang datang ke provinsi paling barat Indonesia ini untuk beragam wisata: alam, budaya, sejarah, kuliner, belanja, juga agama.

Dihimpun detikTravel, Kamis (18/4/2013), berikut beragam opsi transportasi yang bisa dipilih untuk liburan ke Tanah Rencong:

1. Pesawat

Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda adalah gerbang utama wisatawan di Provinsi Aceh. Bandara ini berlokasi tak jauh dari pusat kota Banda Aceh. Beberapa maskapai yang punya rute ke Aceh yaitu Garuda Indonesia, AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air, Merpati Nusantara Airlines, dan pesawat perintis Susi Air yang mengantar wisatawan ke Meulaboh.

Traveler yang berdomisili di Jakarta bisa memilih satu dari semua maskapai penerbangan tersebut. Untuk bulan April 2013, harga sekali jalan berkisar Rp 674.000 untuk Sriwijaya Air, dan Rp 1.241.000 untuk Garuda Indonesia. Bandara Sultan Iskandar Muda juga punya rute ke luar negeri, yakni Kuala Lumpur menggunakan maskapai AirAsia.

2. Bus antar provinsi

Meski memakan waktu lebih lama, bus lintas provinsi adalah transportasi yang paling digemari wisatawan. Bus menuju Banda Aceh dan beberapa wilayah di Provinsi Aceh tersedia dari berbagai kota. Tak hanya di Sumatera seperti Medan, Padang, Jambi, atau Bandar Lampung saja tapi juga kota-kota di Pulau Jawa dan Denpasar.

Traveler dari Jakarta bisa naik bus Kurnia atau Pelangi, keduanya kelas eksekutif dan VIP. Selain tempat duduk yang nyaman, di dalam bus juga terdapat toilet.

"Harganya untuk yang VIP Rp 530.000, berangkat tiap hari jam 12 siang dari pool kita di Pinang Ranti," tutur Putra, customer service PO Pelangi saat dihubungi detikTravel, Kamis (18/4/2013).

Selain Kurnia, traveler asal Jakarta juga bisa naik bus Kurnia yang berangkat antara pukul 06.00-10.00, 12.00-16.00, dan 18.00-20.00 WIB. Ada juga bus malam super executive yang berangkat pukul 21.00 WIB tiap harinya. Anda bisa naik bus ini dari Terminal Bus Rawamangun. Harganya mulai dari Rp 110.000 per orang.

3. Kapal laut

Kalau bosan dengan perjalanan udara dan darat, kenapa tidak coba naik kapal laut. Dari Pelabuhan Tanjung Priok, traveler asal Jakarta bisa naik KM Kelud yang berangkat tiap Jumat. Harga tiketnya mulai dari Rp 341.000 per orang.

Selain RM Kelud, ada pula KM Pangrango dengan harga mulai dari Rp 121.000. Sebelum tiba di Pelabuhan Malayahati Aceh, Anda akan singgah di Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Pelabuhan Belawan di Medan. | Sumber | Foto: dTraveler (Taufiq Nur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Great! The file uploaded properly. Now click the 'Verify my file' button to complete the process.