Siaga Mers, Ini Tips Traveling ke Arab Saudi dari Kemenag

PENYEBARAN virus MERS-CoV di Arab Saudi menjadi perhatian utama calon jamaah haji dan umrah. Kemenag memberikan beberapa tips untuk menghindari tertularnya virus yang belum ada vaksinnya itu.

Tips ini merupakan anjuran dari WHO dan Kemenkes Arab Saudi yang telah diadopsi Kemenkes RI. Dirjen PHU Kemenag Anggito Abimanyu di Kantor Kemenag, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/5/2014) memberikan tips untuk penyelenggara umroh dan juga kepada para traveler:

1. Kondisi yang sebaiknya jangan diberangkatkan umroh

Kemenag menyarankan terutama kepada pihak biro perjalanan umroh dan juga pihak keluarga jamaah. Mereka diminta untuk tidak memberangkatkan jamaah umroh dengan kondisi usia lebih dari 65 tahun dan jamaah yang memiliki penyakit kronis seperti jantung, ginjal, saluran pernafasan dan diabetes.

Wanita hamil, anak-anak di bawah 12 tahun serta jamaah dengan defisiensi kekebalan tubuh juga diminta jangan diberangkatkan.

2. Berperilaku hidup sehat

Untuk mencegah Mers selama di Arab Saudi, para jamaah diminta berperilaku hidup sehat. Jamaah umroh diminta istirahat yang cukup dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

"Rajin mengenakan masker dan tidak merokok," kata Anggito.

3. Sikap kalau terkena gejala sakit

Jamaah yang terkena infeksi saluran pernafasan diminta segera berobat. Para jamaah yang terkena gejala sakit pun, saat batuk disarankan untuk menutup mulut dengan tisu atau lengan.

4. Tempat rawan Mers yang harus dihindari

"Jamaah diimbau untuk tidak mengunjungi peternakan dan tempat pemotongan hewan serta menghindari kontak langsung dengan fasilitas kesehatan yang sudah terkena kasus MERS," kata Anggito. | Sumber | Foto: DetikTravel


Great! The file uploaded properly. Now click the 'Verify my file' button to complete the process.